Cara Menciptakan Hubungan Yang Baik Dengan Konseli (Klien) - Bimbingan Konseling Indonesia Cara Menciptakan Hubungan Yang Baik Dengan Konseli (Klien)

Cara Menciptakan Hubungan Yang Baik Dengan Konseli (Klien)


Menciptakan hubungan yang baik antara konselor dengan klien merupakan langkah awal keberhasilan konseling. Hubungan yang baik dengan klien sangat penting, baik dalam konseling individu maupun dalam konseling kelompok. Bnerikut cara yang tepat untuk menciptakan hubungan baik dengan klien.

Menerima klien dengan ikhlas dan merima apa adanya tentang klien. Konselor harus menunjukan sikap yang ramah dan bersahabat. Jauhkan sikap cemberut, sinis dan berkuasa.

Menumbuhkan kepercayaan klien merupakan bagian penting dalam menciptakan hubungan yang baik dengan klien. Dalam diri klien harus tertanam pandangan bahwa konselor dapat membantu memecahkan masalah klien. Cara menumbuhkan kepercayaan klien kepada konselor antara lain: pada awal konseling konselor dapat mengatakan (a) kamu tidak perlu ragu dalam menyampaikan masalah yang kamu hadapi karna saya akan merahasiakan hal tersebut. (b) kewajiban saya membantu menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. (c) saya memanggil kamu dan membahas masalh ini demi kebaikan mu.

Dalam proses konseling biasanya klien tidak terbuka atau menutup - nutupi masalah yang ia hadapi sehingga tujuan konseling sulit untuk dicapai. Cara untuk mewujudkan keterbukaan klien dalam proses konseling, diantanya : pada awal konseling konselor dapat mengatakan (a) saya berharap kamu dapat mengemukakan keadaan yang sebenarnya agar persoalan ini dapat diselesaikan dengan baik. (b) saya mengharapkan kamu dapat mengatakan apa adanya, agar pertemuan kita ini bermanfaat. Jika masih ada yang kamu tutup -tutupi tentunya masalah ini akan sulit untuk dihadapi.

Lebih baru Lebih lama