Download RPL BK: Layanan Klasikal Meteri Cara Belajar Efektif - Bimbingan Konseling Indonesia Download RPL BK: Layanan Klasikal Meteri Cara Belajar Efektif

Terbaru :

6/recent/ticker-posts

Download RPL BK: Layanan Klasikal Meteri Cara Belajar Efektif

RPL BK: Layanan Klasikal Meteri Cara Belajar Efektif
RPL BK: Layanan Klasikal Meteri Cara Belajar Efektif

bimbingankonseling-id - Sebelum memberikan layanan klasikan pada siswa, tentunya sebagai Guru BK kita memerlukan perangkatnya, yaitu silabus dan rpl. Kali ini saya akan membagikan RPL Bimbingan Klasikal  dengan judul "Cara Belajar Yang Efektif", sekaligus slide powerpoint-nya supaya bisa mempermudah teman-teman semua.

Materi RPL BK Layanan Klasikal Meteri Cara Belajar Efektif akan saya tuliskan lengkap di artikel ini, tapi buat teman-teman yang tidak mau repot membaca artikel ini. Bisa langsung download aja, tenang aja gratis dan mudah kok.


Belajar Efektif, Belajar Cara Cerdas

Belajar adalah proses perubahan yang dialami oleh manusia yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, yang awalnya tidak bisa menjadi bisa. Hal ini dapat dilihat dari bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.

Untuk mencapai perkembangan tersebut dengan mudah, seseorang harus belajar dengan efektik. Untuk mencapai belajar yang efektif tentu saja dalam proses belajarnya harus dilakukan dengan baik dan benar.

Berikut ini adalah tips-tips belajar yang baik dan benar :

1. Persiapan Diri
Sebelum proses belajar dimulai, ada baiknya kita mempersiapkan diri terlebih dahulu. Sebab kondisi diri kita akan sangat berpengaruh terhadap semangat belajar. Bayangkan saja apabila kita belajar dengan keadaan yang tidak siap, misalnya saja belum makan dan belum mandi seharian, sudah pasti semangat belajar akan menghilang. Akan berbeda jadinya apabila kita dalam kondisi yang siap, misalnya dalam keadaan kenyang, segar karena sudah mandi, memakai parfum dan sebagainya, tentu saja akan semangat sekali jadinya, seperti tidak ada beban.

2. Waktu Yang Tepat
Setelah persiapan diri sudah mantap, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah waktu yang tepat. Belajar yang baik adalah belajar yang tepat waktu dan di waktu yang tepat. Waktu belajar yang baik yaitu pada jam 7 malam – 9 malam, sebab pada jam itu otak kita akan bekerja dengan maksimal. Janganlah belajar di waktu yang tidak tepat, pada tengah malam misalnya, tentu saja apa yang kita pelajari tidak akan masuk ke otak, ditambah lagi pada tengah malam tersebut kita akan merasa mengantuk.

Baca Juga : RPL BK - Layanan Klasikal Materi Perkembangan Remaja Awal

3. Suasana Yang Nyaman
Hal yang tidak kalah pentingnya dari persiapan diri dan waktu yang tepat adalah suasana yang nyaman. Percuma saja kondisi tubuh sudah siap dan waktu sudah tepat, tetapi kalau suasana tidak nyaman tetap saja kegiatan belajar kita tidak maksimal. Bayangkan saja kalian belajar di tempat yang kotor, penuh dengan bau tidak sedap, penuh dengan keributan, sudah pasti ilmu tidak akan masuk ke otak kita. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, cobalah belajar di tempat yang nyaman, bersih dan jauh dari keributan.

4. Gunakan Metode Yang Ampuh
Setelah semuanya siap, saatnya belajar. Untuk memudahkan ilmu masuk ke otak, diperlukan metode yang ampuh. Metode ampuh yang dimaksud, yaitu :

  • Pahami, Jangan Menghafal. Metode menghafal mungkin bisa membuat kita mendapat nilai yang baik, namun apakah pengetahuan kita bertambah? Tentu saja tidak. Pahamilah materi dengan mempelajari konsep - konsepnya, bagaimana hal itu bisa terjadi, mengapa, apa selanjutnya, begitulah cara berpikir yang harus dikembangkan meskipun memakan waktu yang cukup lama.
  • Merangkum Materi. Dengan merangkum materi, secara tidak langsung kita juga telah membaca buku pelajaran, otomatis kita akan sedikit faham dengan materi yang sedang kita pelajari. Selanjutnya, untuk memantapkan diri pastinya kita akan membaca kembali hasil rangkuman tadi, dengan begitu kita tidak harus membaca buku tebal yang membuat kita bosan. Jadi yang kita baca adalah rangkuman/catatan kecil kita saja.


5. Trial and Error 
Setelah persiapan dan proses belajar telah dilaksanakan, saatnya menerapkan ilmu yang telah dipelajari. Buat apa belajar kalau tak diterapkan, ibaratnya masak tapi tak dimakan, tidak ada gunanya. Hal ini disebut dengan istilah trial and error atau mencoba dan gagal, maksudnya adalah kita harus berani mencoba walaupun ujung  - ujungnya gagal, sebab  dengan adanya kegagalan kita akan tau dimana letak kesalahan kita, dan segera memperbaikinya untuk meraih sebuah keberhasilan.


"BELAJAR ADALAH INVESTASI BERHARGA UNTUK MASA DEPAN DAN TIDAK SEPERTI HARTA YANG SUATU SAAT BISA HABIS."

Reactions