Prospek Kerja Lulusan Jurusan Bimbingan Konseling. Masih Ragu Masuk Jurusan BK? - Bimbingan Konseling Indonesia Prospek Kerja Lulusan Jurusan Bimbingan Konseling. Masih Ragu Masuk Jurusan BK?

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Bimbingan Konseling. Masih Ragu Masuk Jurusan BK?

Prospek kerja lulusan BK
 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Bimbingan Konseling

bimbingankonseling-id - Artikel ini akan membahas tentang prospek lulusan bimbingan konseling, kira - kira bisa jadi apa sih? Informasi aja nih, prospek dari lulusan bimbingan konseling itu cukup luas loh teman - teman, gak cuma bisa kerja disekolah tapi bisa juga di luar ranah sekolah.

Lulusan S1 Bimbingan dan Konseling sebagian besar terserap di dalam dunia pendidikan terutama jenjang SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, namun ada juga beberapa lembaga pendidikan terutama swasta yang membutuhkan tenaga konseling untuk TK, PAUD dan SD.

Selain itu kebutuhan akan dosen bimbingan dan konseling sangat besar di perguruan-perguruan tinggi di Indonesia. Hal ini disebabkan banyak dosen BK yang sudah menjelang masa pensiun, serta banyak dosen BK yang ternyata tidak berlatar belakang BK. Sementara perguruan tinggi BK membutuhkan dosen yang berlatar belakang BK secara linier (S-1 dan S-2 Bidang bimbingan dan konseling) untuk mendapatkan nilai akreditasi yang baik. Sehingga peluang menjadi dosen BK sangat terbuka lebar. 

Baca Juga : Begini Rasanya Kuliah di Jurusan Bimbingan Konseling

Sementara jenjang karier lulusan BK pada umumnya menjadi Pegawai Negeri Sipil. Seorang lulusan BK dapat memulai karier dari menjadi Guru BK, Koordinator Guru BK, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah bidang bimbingan dan konseling, Kepala Dinas Pendidikan Kota/Provinsi. Tidak sedikit pula lulusan BK yang berkarier sebagai kepala sekolah atau pengawas sekolah. 

Prospek kerjua lulusan bk

Bagi yang ingin berwirausaha dapat mendirikan Lembaga Konseling, Jasa Layanan Tes Psikologi, ataupun Lembaga Konsultasi Pendidikan. Kebutuhan terhadap layanan Konseling ini semakin besar terutama di kota-kota besar dimana masyarakatnya semakin terbuka, dan memiliki tingkat stress yang tinggi, Dewasa ini kebutuhan akan konseling anak dan konseling pendidikan, luar biasa banyaknya. Akan tetapi sedikitnya lulusan BK yang mau mengisi peluang ini, menjadikan konseling anak lebih dikuasai oleh psikolog anak sementara konseling pendidikan/karier lebih diisi oleh praktisi-praktisi yang bahkan tidak punya latar belakang psikologi/pendidikan/konseling melainkan belajar dari pengalaman.

Baca Juga : Download Ebook Rambu - Rambu Bimbingan Konseling, Guru BK Wajib Punya

Bidang lain yang dapat diisi oleh lulusan BK adalah HRD/Pengembangan SDM di instansi/dunia usaha dan industri, bank; Tenaga Konselor di Pusat Rehabilitasi, Lembaga Pemasyarakatan, Perkumpulan Keluarga berencana Indonesia (PKBI); Konsultan pengembangan SDM; Motivator; Badan Penasehat Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kementerian Agama; Konselor dan Konsultan Pendidikan di Lembaga-Lembaga Bimbingan Belajar (LBB).

Nah, bagaimana? Sudah tau kan kemana arah teman - teman setelah lulus kuliah dari jurusan bimbingan dan konseling.Buat kalian yang masih di bangku SMA dan masih bingung untuk memilih jurusan, coba lirik lah jurusan bimbingan dan konseling ini, di jamin tidak menyesal hehe. 

Telesuri Kata Kunci / Incoming Search :
prospek lulusan bimbingan konseling, prospek kerja jurusan bimbingan konseling
Lebih baru Lebih lama