Perbedaan Dasar Antara Konseling & Psikoterapi - Bimbingan Konseling Indonesia Perbedaan Dasar Antara Konseling & Psikoterapi

Perbedaan Dasar Antara Konseling & Psikoterapi

Kali ini kita akan  membahas mengenai perbedaan antara konseling dan psikoterapi, latar belakang dari dibuatnya postingan ini adalah banyaknya orang - orang diluar sana yang menganggap bahwa konseling dan psikoterapi itu sama, hmm itu salah ya.

Sebelum membahas perbedaan diantara keduanya, ada baiknya kita memahami dulu apa definisi atau pengertian dari konseling dan psikoterapi itu.

Definisi Konseling
Prayitno dan Erman Amti (2004), konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli (konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (klien) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien.

Menurut APGA (American Personel Guidance Association), konseling adalah hubungan antara seorang individu yang memerlukan bantuan untuk mengatasi kecemasannya yang masih bersifat normal atau konflik atau masalah pengambilan keputusan.

Definisi Psikoterapi
Menurut Hariyanto (2010), psikoterapi adalah proses difokuskan untuk membantu Anda menyembuhkan dan konstruktif belajar lebih banyak bagaimana cara untuk menangani masalah atau isu-isu dalam kehidupan Anda. Hal ini juga dapat menjadi proses yang mendukung ketika akan melalui periode yang sulit atau stres meningkat, seperti memulai karier baru atau akan mengalami perceraian.

Menurut Wolberg (1967), psikoterapi merupakan suatu bentuk perlakuan atau tritmen terhadap masalah yang sifatnya emosional. Dengan tujuan menghilangkan simptom untuk mengantarai pola perilaku yang terganggu serta meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan pribadi yang positif. 


Perbedaan Dasar Antara Konseling & Psikoterapi

Perbedaan Antara Konseling dan Psikoterapi
Dari definisi di atas kita bisa tarik kesimpulan mengenai dua pembahasan tersebut bahwa konseling lebih terfokus pada interaksi antara konselor dan konseli dan lebih mengutamakan pembicaraan serta komunikasi non verbal yang tersirat ketika proses konseli berlangsung dan semacam memberikan solusi agar konseli dapat lebih memahami lingkungan serta mampu membuat keputusan yang tepat dan juga nantinya konseli dapat menentukan tujuan berdasarkan nilai yang diyakininya.

Sedangkan psikoterapi lebih terfokus pada treatment terhadap masalah sifatnya emosional dan juga lebih dapat diandalkan pada klien yang mengalami penyimpangan dan juga lebih berusaha untuk menghilangkan simptom-simptom yang di anggap mengganggu dan lebih mengusahakan agar klien dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan kepribadian ke arah yang positif.

Telesuri Kata Kunci / Incoming Search :
definisi konseling, definisi psikoterapi, perbedaan antara konseling dan psikoterapi
Lebih baru Lebih lama