Download Panduan Operasional Bimbingan Konseling di SMA/SMK/MA - Bimbingan Konseling Indonesia Download Panduan Operasional Bimbingan Konseling di SMA/SMK/MA

Terbaru :

6/recent/ticker-posts

Download Panduan Operasional Bimbingan Konseling di SMA/SMK/MA

Download Panduan Operasional Bimbingan Konseling di SMA/SMK/MA
Download Panduan Operasional Bimbingan Konseling di SMA/SMK/MA

Dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, tentunya kita membutuhkan panduan agar apa yang kita lakukan sesuai dengan prosedurnya dan bisa berjalan dengan maksimal.

>> Download Panduan Operasional Bimbingan Konseling di SMA/SMK/MA <<

Latar Belakang
Untuk satuan pendidikan sekolah menengah atas (SMA), pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional dijabarkan dalam bentuk kompetensi inti. Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SMA pada setiap tingkat kelas. Kompetensi Inti meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Terkait dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada jenjang SMA, dalam konteks Bimbingan dan Konseling dikenal dengan istilah Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). 

Baca Juga : Download Ebook Rambu - Rambu Bimbingan Konseling, Guru BK Wajib Punya

SKKPD pada jenjang SMA mencakup 11 aspek perkembangan, yaitu: landasan hidup religius, landasan perilaku etis, kematangan emosi, kematangan intelektual, kesadaran tanggung jawab sosial, kesadaran gender, pengembangan diri, perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis), wawasan dan kesiapan karier, kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga (Depdikbud: 2007). Dirumuskannya tujuan pendidikan, rumusan kompetensi inti, dan standar kompetensi kemandirian mempunyai arti penting bagi penyelenggaraan pendidikan SMA untuk memantapkan pengelolaan (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi) pendidikan secara bermutu ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar