Pengertian dan Tujuan Konseling Individu Dalam Bimbingan Konseling - Bimbingan Konseling Indonesia Pengertian dan Tujuan Konseling Individu Dalam Bimbingan Konseling

Terbaru :

6/recent/ticker-posts

Pengertian dan Tujuan Konseling Individu Dalam Bimbingan Konseling

Pengertian dan Tujuan Konseling Individu
Pengertian dan Tujuan Konseling Individu

Pengertian Konseling Individu

Konseling individual merupakan proses interaktif yang dicirikan oleh hubungan yang unik antara guru bimbingan konseling atau konselor dengan peserta didik/konseli yang mengarah pada perubahan perilaku, konstruksi pribadi, kemampuan mengatasi situasi hidup dan keterampilan membuat keputusan.

Konseling individual diberikan baik kepada peserta didik/konseli yang datang sendiri maupun diundang. Peserta didik/konseli diundang oleh guru bimbingan dan konseling atau konselor berdasarkan hasil asesmen, referal, dan observasi.

Baca Juga: Asas Dalam Bimbingan Konseling Beserta Contohnya

Pelaksanaan konseling individual dapat dilakukan secara langsung berhadap- hadapan atau melalui media electronic (e-counseling) antara lain : telepon, chatting, email, web, dan skype. Konseling melalui media elektronik perlu mempertimbangkan kapasitas guru bimbingan dan konseling atau konselor dalam menangani kendala komunikasi yang tidak memperlihatkan ekspresi peserta didik/konseli selama konseling berlangsung.

Konseling individual harus dilakukan dalam suasana yang aman dan nyaman bagi peserta didik/konseli. Konseling individual berhadap-hadapan langsung dan harus diselenggarakan dalam ruangan yang memberi rasa aman dan nyaman bagi peserta didik/konseli, begitu pula melalui e-counseling juga harus terproteksi.

Tujuan Konseling Individu

Tujuan konseling individual adalah memfasilitasi peserta didik/konseli melakukan perubahan perilaku, mengkonstruksi pikiran, mengembangkan kemampuan mengatasi situasi kehidupan, membuat keputusan yang bermakna bagi dirinya dan berkomitmen untuk mewujudkan keputusan dengan penuh tanggungjawab dalam kehidupannya.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar