Inilah Tips Untuk Guru BK Baru di Sekolah - Bimbingan Konseling Indonesia Inilah Tips Untuk Guru BK Baru di Sekolah

Inilah Tips Untuk Guru BK Baru di Sekolah

Inilah Tips Untuk Guru BK Baru di Sekolah
Inilah Tips Untuk Guru BK Baru di Sekolah

bimbingankonseling-id - Tulisan ini dibuat dengan tujuan untuk membantu teman - teman yang baru saja terjun ke sekolah. Tentunya saat-saat seperti itu membuat kita sedikit grogi karena harus berkenalan dengan suasana baru dan orang-orang baru. Tips untuk guru bk baru di sekolah ini bisa kamu terapkan loh agar tugas kamu disekolah bisa lancar jaya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa sampai saat ini peran guru bk masih dianggap remeh oleh sebagian besar orang, banyak yang menganggap guru bk hanya sebagai polisi sekolah yang tugasnya hanya bisa menghukum siswa - siswi yang nakal, padahal bukan begitu kenyataannya. Kita tidak bisa menyalahkan siapa pun, melainkan kita harus introspeksi diri apakah peran kita sudah maksimal dalam menjalankan tugas kita, usaha itu secara tidak langsung juga akan memperbaiki citra guru bk di pandangan masyarakat.


Nah, langsung saja deh. Berikut tips untuk konselor/guru bk dalam menjalankan tugasnya di sekolah :

Ikuti Arus Terlebih Dahulu
Ketika kalian baru pertama kali menjadi Guru BK di sekolah, jangan pernah menentang arus yang ada di sekolah, baik itu menurut kalian sangat salah bahkan mencederai tugas sebagai guru BK. Ikuti terlebih dahulu apa tugas yang diberikan sekolah.

Pelajari Situasi
Pelajari situasi sekolah, dengan melihat kekuatan sumber daya maupun kelemahan yang ada di sekolah tersebut.

Sosialisasikan Dengan Bahasa Yang Tepat
Setelah mempelajari, mulai sosialisasikan tugas BK dengan bahasa yang tepat kepada pimpinan sekolah, rekan guru, orang tua, siswa maupun pihak lain. Sosialisasikan tugas BK melalui selebaran/pamflet, maupun media internet seperti blog dan sebagainya.

Tindakan Kerja
Menunjukkan kinerja yang layak sebagai guru pada umumnya, maupun melakukan pengembangan seperti menulis artikel di koran, aktif dalam organisasi BK, merekam kegiatan BK, membuat peraga layanan BK maupun kegiatan apa saja sehingga guru maupun warga sekolah tertarik untuk bertanya tugas BK yang sebenarnya, dari itu kalian bisa menjelaskan tugas BK dengan jelas.
Pengembangan Diri
Mengembangkan diri dengan sering mengikuti pelatihan, seminar, workshop,  maupun bertanya informasi pengembangan BK kepada para pakar BK, usaha ini dilakukan untuk kemajuan diri kalian sendiri.

Melayani Klien
Selain tugas utama melayani klien menerima ungkapan masalah, melakukan observasi, melakukan pendekatan kepada klien, perlu juga dalam menerima ungkapan masalah selain siswa dipanggil maupun datang sendiri ke ruang BK, dapat mengunakan Kotak Masalah, Email,  maupun media cybercounseling lainnya dengan tujuan klien yang belum berani mengungkapkan masalahnya dapat lebih nyaman tanpa harus datang menemui guru BK.

Itu dia enam tips untuk konselor (guru bk) pemula, semoga dengan adanya artikel ini maka bisa membantu teman - teman dalam menjalankan peran guru bk di sekolah, dan pastinya bisa memperbaiki citra guru bk di pandangan masyarakat.
Lebih baru Lebih lama