Tips Memilih Sekolah Lanjutan, Perbedaan SMA & SMK - Bimbingan Konseling Indonesia Tips Memilih Sekolah Lanjutan, Perbedaan SMA & SMK

Tips Memilih Sekolah Lanjutan, Perbedaan SMA & SMK

Tips Memilih Sekolah Lanjutan, Perbedaan SMA & SMK
Tips Memilih Sekolah Lanjutan, Perbedaan SMA & SMK

bimbingankonseling-id - Bingung ketika disuruh memilih masuk SMA atau SMK? Hal ini sering sekali dialami oleh siswa/i yang sedang duduk di kelas 9, yang sebentar lagi akan melangkah ke jenjang selanjutnya. Terlebih, keduanya memiliki kelebihan masing - masing. Di SMA berorientasikan Teori, sedangkan di SMK berorientasikan Praktik. Jadi, pilih yang mana diantara keduanya?


Pengertian SMA dan SMK
SMA (Sekolah Menengah Atas) adalah satuan pendidikan setelah jenjang SMP yang menjadi wadah pengembangan kualitas dan mutu peserta didik yang  mengedepankan kemampuan teoritis dengan harapan lulusannya menjadi seorang idealis ilmu pengetahuan. - siswamaster.com

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah satuan pendidikan setelah jenjang SMP yang menjadi wadah pengembangan kualitas dan mutu peserta didik  yang mengedepankan kemampuan praktik dengan harapan bahwa lulusannya menjadi seorang juru/ahli dalam suatu bidang. - siswamaster.com


Perbedaan Dasar SMA dan SMK

SMA
  • Lebih menekankan pada hal-hal yang berbau teoritis dibanding praktik.
  • Dalam hal teori, peserta didik SMA memiliki kualitas yang lebih unggul dibandingkan peserta didik SMK. Sasaran utama SMA yaitu menjadikan peserta didik sebagai seorang disiplin ilmu, sehingga berbagai mata pelajaran akan diulas secara mendetail dan rinci. Hal ini tentu menjadikan peserta didik kaya akan ilmu pengetahuan.

SMK
  • Lebih menekankan pada hal-hal yang berbau praktik dibanding teori.
  • Berbeda dengan SMA, SMK lebih menekankan pada nilai-nilai praktik. Peserta didik diajarkan kemampuan praktik secara langsung hingga akhirnya benar-benar mahir dalam bidangnya. Nantinya kemampuan tersebut dapat digunakan untuk masa depan (dunia kerja).


Kelebihan dan Kekurangan SMA
Kelebihan
  • Mengedepankan teori sehingga rata-rata lulusannya memperoleh nilai Ujian Nasional yang bagus dan memuaskan.
  • Peluang melanjutkan Perguruan Tinggi (kuliah) lebih terbuka, karena kemampuan akademis yang lebih menonjol dan seimbang.

Kekurangan
  • Jika orang tua tidak mampu membiayai peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang kuliah, maka akan membuntukan peserta didik menjadi mahasiswa (terkecuali jika mendapat beasiswa).
  • Dan jika hal itu benar-benar terjadi, maka peserta didik akan sulit bersaing di dunia kerja. Mengapa ? Karena ketika bersekolah belum cukup untuk mendapat pembelajaran di dunia kerja secara langsung.
Dengan kata lain, peserta didik SMA belum memiliki skill/keahlian yang memadai jika memasuki dunia kerja.


Kelebihan dan Kekurangan SMK
Kelebihan
  • Mengedepankan praktik kejuruan sehingga rata-rata lulusannya sudah memiliki skill/keahlian dalam  suatu bidang.
  • Jika setelah lulus tidak melanjutkan kuliah, kemungkinan menjadi pengangguran itu kecil (terkecuali malas mencari pekerjaan). Mengapa demikian ? Karena peserta didik SMK sudah siap memasuki dunia kerja (sudah memiliki skill yang dapat diaplikasikan di dunia kerja).
  • Kesiapan peserta didik juga dipertambah dengan adanya Prakerin (Praktek Kerja Industri) atau PKL (Praktek Kerja Lapangan). Kegiatan tersebut membentuk mental dan menambah pengalaman peserta didik dalam dunia kerja secara langsung. Hal ini membuat peserta didik tidak kaget dalam mengahadapi dunia kerja.

Kekurangan
  • Jika peserta didik hendak melanjutkan kuliah, maka harus siap bersaing dan berusaha lebih keras lagi untuk mengimbangi mata pelajaran dasar SMA yang mungkin belum pernah diajarkan ketika bersekolah di SMK.

Nah, itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan dari SMA maupun SMK. Dengan adanya perbandingan ini diharapkan teman - teman semua bisa menentukan pilihan dengan baik dan benar, jangan sampai salah melangkah.
Lebih baru Lebih lama