Peran Guru BK Dalam Mengatasi Penyebaran Narkoba Di Lingkungan Sekolah - Bimbingan Konseling Indonesia Peran Guru BK Dalam Mengatasi Penyebaran Narkoba Di Lingkungan Sekolah

Terbaru :

6/recent/ticker-posts

Peran Guru BK Dalam Mengatasi Penyebaran Narkoba Di Lingkungan Sekolah

Peran Guru BK Dalam Mengatasi Penyebaran Narkoba Di Lingkungan Sekolah
Peran Guru BK Dalam Mengatasi Penyebaran Narkoba Di Lingkungan Sekolah

Bagaimana peran Guru BK dalam mencegah penyebaran narkoba di lingkungan sekolah. Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa saat ini penyebaran narkoba sudah sangat luas, bukan hanya orang dewasa saja yang mengkonsuminya, melainkan sudah menjamah ke siswa sekolah, nah bahaya banget bukan. Lantas bagaimana peran sekolah, terutama peran Guru BK?

Latar Belakang
Meningkatnya penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar dapat dikatakan tanggung-jawab bersama, karena penyelesaiannya melibatkan banyak faktor dan kerjasama dari semua pihak yang bersangkutan, seperti pemerintah, aparat, masyarakat, media massa, keluarga, remaja itu sendiri, dan pihak-pihak lain. Penyalahgunaan narkoba di kalangan peserta didik terjadi karena mereka kurang atau tidak memahami apa narkoba itu sehingga dapat dibohongi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (bandar & pengedar).

Lantas Bagaimana Peran Guru BK?
Seperti yang kita ketahui bahwa dalam bimbingan konseling terdapat fungsi preventif (pencegahan) dan fungsi pengentasan. Sebagai seorang Guru BK harusnya kita bisa mengoptimalkan fungsi tersebut.

Fungsi preventif (pencegahan)
Sesuai dengan artinya fungsi ini bertujuan untuk mencegah peserta didik untuk jatuh ke dalam lubang narkoba, dengan cara apa?


Layanan Informasi (klasikal), Guru BK dapat memberikan layanan informasi (klasikal) kepada peserta didik mengenai bahaya menggunakan narkoba, sehingga peserta didik lebih paham tentang bahaya narkoba tersebut. Untuk sumber informasi tentang bahaya narkoba bisa didapatkan langsung di google atau bisa juga didapatkan di kantor BNN di wilayah setempat, lebih bagus lagi apabila Guru BK bekerja sama dengan pihak BNN untuk melakukan sosialisasi bahaya narkoba di sekolah.

Layanan Informasi (poster), mungkin sebagian besar peserta didik sangat bosan untuk mengikuti kegiatan sosialisasi seperti yang dimaksudkan sebelumnya, namun sebagai seorang Guru BK harusnya bisa tampil kreatif, bisa saja menggunakan poster sebagai media informasi yang tentunya siswa lebih sukai.

Fungsi Pengentasan
Apabila sudah terdapat peserta didik yang diketahui mengkonsumsi narkoba, maka tugas Guru BK adalah mengalih tangankan kasus tersebut, karena memang sudah ada pihak yang menangani tersebut, yaitu pihak BNN. Pihak BNN akan membantu si peserta didik itu untuk berhenti dengan cara rehabilitasi.

Telesuri Kata Kunci / Incoming Search :
peran konselor mengatasi narkoba, konseling narkoba, konselor narkoba, fungsi preventif, fungsi pengentasan
Reactions