5 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting - Bimbingan Konseling Indonesia 5 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting

5 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting

Alasan mengapa harus kuliah
5 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting.

Kuliah merupakan salah satu jenjang pendidikan tertinggi yang ada di dunia pendidikan sekarang ini. Dengan kuliah seseorang dapat memiliki wawasan dan ilmu yang lebih luas lagi dan pastinya akan bermanfaat bagi orang tersebut kedepannya. Memang benar jika ada yang berkata bahwa mendapatkan pendidikan tidak hanya diperoleh dari pendidikan formal, terlebih seperti kuliah. 

Banyak orang yang berpikir bahwa sudah cukup waktu sekitar 12 tahun saja dalam mengenyam pendidikan formal, sehingga tidak sedikit orang yang lebih memilih langsung mencari pekerjaan dibandingkan dengan melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi, perguruan tinggi.

Baca Juga : Lulusan Jurusan Bimbingan & Konseling, Bisa Jadi Apa?

Namun, sebenarnya kuliah merupakan salah satu waktu yang tepat untuk kita tidak hanya bergantung pada seseorang dalam menerima ilmu. Salah satu alasan mengapa harus kuliah adalah pendidikan di waktu kuliah akan sangat berbeda dengan jenjang-jenjang pendidikan di bawahnya. Salah satu yang paling memebedakan adalah seseorang dilatih menjadi individu yang lebih aktif dan lebih peka terhadap suatu keadaan. Di bangku perkuliahan ini, kita tidak bisa hanya mengandalkan ilmu yang diberikan oleh dosen saja, tetapi kita juga harus aktif mencari berbagai ilmu dan pengetahuan sendiri. Tidak hanya itu, masih banyak alasan yang mengharuskan kita untuk kuliah. 

Berikut 5 alasan mengapa harus kuliah bagi kita yang telah lulus dari SMA ataupun pendidikan lain yang sederajat.

1. Memperluas Network
Dengan berkuliah kita akan dipertumakan oleh seseorang dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, bahkan tidak jarang terdapat mahasiswa yang berasal dari luar negeri.  Dengan seperti itu, maka akan memperluas jaringan yang kita miliki. Tidak dapat dipungkiri bahwa jaringan atau teman merupakan investasi yang dangat berharga di masa depan, dengan banyaknya teman serta jaringan kita maka besar kemungkinan untuk kita mendapatkan kesuksesan di masa depan.

2. Tempat Untuk Saling Bertukar Pikiran
Kuliah merupakan waktu dan tempat yang paling tepat untuk kita bertukar pikiran. Dengan usia kita yang semakin matang, ditambah dengan berbagai pengetahuan yang kita miliki, maka perkuliahan merupakan waktu yang paling tepat untuk kita bertukar pikiran dan pandangan dengan orang lain. 

Baca Juga : Begini Rasanya Kuliah di Jurusan Bimbingan Konseling

3. Belajar Untuk Mandiri
Tidak sedikit di antara kita yang menjadi mahasiswa akan merantau atu pergi ke daerah lain yang dianggap memiliki kualitas pendidikan yang lebih baik. Pada waktu inilah, kita diwajibkan untuk mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain lagi.

4. Belajar Bertahan di Bawah Tekanan
Pada saat kuliah tidak sedikit dari kita yang akan mengikuti berbagai kegiatan lain baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Berbagai kegiatan itulah yang akan membuat kita dituntut untuk dapat membagi waktu dengan baik. Tidak sedikit terdapat deadline dengan waktu yang bersamaan antara tugas kampus dengan tugas lain di luar kampus yang merupakan kewajiban kita. Pada saat ini lah, kita dituntut dn dilatih agar dapat bertahan di bawah tekanan.

5.  Kuliah Merupakan Salah Satu Masa Yang Paling Asyik
Alasan mengapa kamu harus kuliah yang terakhir adalah, bangku perkuliahan merupakan salah satu masa yang paling asyik ketika kita memiliki banyak waktu yang dapat kita habiskan dengan berkumpul dan nongkrong dengan teman-teman. 

Baca Juga : Perlukah Guru BK Masuk Di Jenjang Sekolah Dasar?

Itulah beberapa alasan mengapa harus kuliah bagi kita yang sudah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA/SMK. Dengan berkuliah, besar kemungkinan kita untuk memiliki pandangan baru untuk hidup dan dengan berkuliah juga kita akan menjadi pribadi yang lebih siap dalam menghadapi berbagai tekanan dan berbagai persaingan. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama