Mengenal Lebih Jauh Jurusan Teknik Informatika - Bimbingan Konseling Indonesia Mengenal Lebih Jauh Jurusan Teknik Informatika

Terbaru :

6/recent/ticker-posts

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Teknik Informatika

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Teknik Informatika
Mengenal Lebih Jauh Jurusan Teknik Informatika

Salah satu jurusan populer dan cukup banyak diminati adalah Jurusan Teknik Informatika. Teknik Informatika adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang ilmu komputer dan teknologi perangkat lunak, serta pengaplikasiaannya di dunia industri. Dari pengertin tersebut menjelaskan bahwa jurrusan ini tidak hanya mementingkan konsep teori, namun juga cara pengaplikasiannya. Sehingga lulusan dari jurusan ini cenderung cepat mampu beradaptasi dan mengikuti mengikuti perkembangan keilmuan di bidang komputer.

Jika Kamu berminat untuk mengambil jurusan ini, maka Kamu akan di hadapkan pada 4 konsentrasi sesuai dengan peminatan. Keempat konsentrasi itu adalah Enterprise Information System, Multimedia Computing, Intelligent Systems, dan Applied Network Technology. Penjelasan dari masing-masing konsentrasi adalah sebagai berikut :

1. Konsentrasi Enterprise Information System
Konsentrasi Enterprise System termasuk dalam salah satu cabang pengembangan dari komputer, yang mampu menjawab kebutuhan informasi, menganalisis dan merancang sistem informasi untuk memberikan berbagai solusi untuk kemajuan suatu bisnis yang dilatar belakangi dari informasi yang didapatkan dengan pengaplikasian teknologi informasi dan komunikasi. Mahasiswa dalam konsentrasi ini akan mempelajari cara membangun, menerapkan dan mengelola sistem informasi  yang berkualitas tinggi dengan teknologi informasi dan komunikasi terkini dalam menjawab berbagai kebutuhan  pengumpulan informasi secara real time, pendistribusian informasi, serta untuk mendukung keputusan manajemen.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting

2. Konsentrasi Multimedia Computing
Konsentrasi Multimedia Computing ini berfokus pada pengoperasian sistem komputer agar  mampu  menciptakan, menyimpan, menganalisa, mengambil, mengubah,  mengintegtasikan, serta mengolah berbagai komponen dari multimedia, yang terdiri atas gambar, teks, animasi, suara, dan video.

3. Konsentrasi Intelligent Systems
Konsentrasi Intelligent Systems lebih fokus terhadap  teknik analisa, memodelkan, dan mengoptimalkan sistem untuk menghasilkan informasi yang berkualitas dan cerdas yang mampu mendukung suatu keputusan.  Topik dalam konsentrasi ini seperti  Artificial Intelligence, Pemodelan dan Simulasi, Operation Research, Declarative, Soft Computing, Intelligent Information Retrieval, Decision Support System, AI for Game, Data mining, Programming, Buatan, Pattern Recognition, dan Topik Khusus Kecerdasan.

4. Konsentrasi Applied Network Technology
Konsentrasi Applied Network Technology berfokus pada teknologi komputer jarngan dan aplikasi komunikasi data. Teknologi jaringan dari komputer yang dipelajari, seperti  Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), Wireless Programming, dan Internet Programming. Teknologi tersebut selanjutya harus daplikasikan untuk menyelesaikan masalah di bidang bisnis dan industri. Konsentrasi ini juga Kamu akan diperkenalkan cara membuat aplikasi berbasis web.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika
Berikut daftar mata kuliah yang biasanya diambil oleh mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika. Yuk simak tabel berikut ini :


Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika
Prospek kerja dari lulusan Teknik Informatika dengan gelar Sarjana Komputer (S. Kom) adalah sebagai berikut :

  • Software Engineer
  • System Analyst dan System Integrator
  • Konsultan IT
  • Database Engineer / Database Administrator
  • Web Engineer / Web Administrator
  • Computer Network / Data Communication Engineer
  • Programmer
  • Software Tester
  • Game Developer
  • Intelligent System Developer
  • Peneliti di lembaga penelitian, seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan perusahaan.

Itu di atas adalah pengenalan lebih lanjut tetang profil jurusan Teknik Informatika. Jika Kamu sangat tertarik dengan jurusan yang satu ini Kamu dapat memilih salah stau universitas dengan jurusan Teknik Informatika yang sudah terakreditasi bagus. Mengingat sangat banyak universitas yang memiliki jurusan ini, maka Kamu berkesempatan untuk memilih universitas yang lebih dekat dengan tempat tinggal.

Baca Juga : 5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Menentukan Pilihan Jurusan Kuliah

Alangkah baiknya, sebelum menentukan pilihan dalam jurusan tertentu, Kamu harus benar-benar mengetahui apa bakat dan minatmu. Jika Kamu masih bingung mungkin bisa langsung berkonsultasi dengan guru BK.

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar