Materi RPL BK: Tips Memilih Ekstrakurikuler di Sekolah - Bimbingan Konseling Indonesia Materi RPL BK: Tips Memilih Ekstrakurikuler di Sekolah

Materi RPL BK: Tips Memilih Ekstrakurikuler di Sekolah

Tips Memilih Ekstrakurikuler
Tips Memilih Ekskul di Sekolah

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan wajib sekolah yang harus kamu ikuti. Mau gak mau kamu tetap harus ikut ekstrakurikuler karena udah wajib. Ekstrakurikuler merupakan kegiatan non akademis yang bisa dijadikan sebagai nilai tambah bagi kamu. Selama ini ekstrakurikuler yang kamu pilih sudah tepat belum? Harus tepat ya dalam memilih ekstrakurikuler! Nih, aku punya beberapa tips memilih ekstrakurikuler yang tepat untuk kamu! Disimak ya!

Pilih sesuai dengan hobi, minat, bakat, dan kemampuan kamu
Pertama-tama dalam memilih sebuah ekstrakurikuler, kamu harus memilih jenis ekstrakurikuler yang sesuai dengan hobi, minat, bakat, dan kemampuan yang kamu miliki. Ekstrakurikuler bertujuan untuk menyalurkan dan mengembangkan hobi, minat, bakat, dan kemampuan yang kamu miliki. Pemilihan ekstrakurikuler yang sesuai, maka hobi, minat, bakat, dan kemampuanmu semakin tersalurkan dan bisa berkembang untuk dipakai ke masa yang akan datang. Buat apa punya hobi, minat, bakat, dan kemampuan gak disalurkan dan dikembangkan

Baca Juga : Peran Guru BK Dalam Mengatasi Penyebaran Narkoba Di Lingkungan Sekolah

Sesuaikan dengan jadwal kegiatan lainnya
Setelah memilih jenis ekstrakurikuler yang sesuai dengan hobi, minat, dan bakatmu, kamu juga harus bisa mensesuaikan antara jadwal ekstrakurikuler dengan jadwal kegiatan lainnya. Hal ini patut dilakukan agar kedepannya kamu bisa ikut terus ekstrakurikuler tanpa bentrok sama kegiatan lainnya sehingga ekstrakurikuler bisa menjadi hal yang harus diprioritas bagi kamu pada hari itu juga. Kalau jadwalnya bentrok sama kegiatanmu yang lain, yahhh mau gak-gak mau kamu harus pilih ekstrakurikuler lain yang gak bentrok sama jadwalmu yang lain dan tetap harus sesuai dengan hobi, minat, dan bakatmu.

Cari tahu lebih dalam tentang kegiatan ekstrakurikuler tersebut
Oh yah, selain itu kamu juga harus cari tahu lebih dalam tentang ekstrakurikuler tersebut loh. Mencari tahu tentang kegiatannya ngapain aja, pembimbingnya siapa, pernah ada mencapai prestasi apa,  dan membutuhkan pengeluaran biaya apa tidak. Mencari tahu lebih dalam tentang kegiatan ekstrakurikuler tersebut supaya kamu tidak merasa terbebankan dan tidak merasa bosan pada saat mengikuti ekstrakurikuler tersebut.

Hindari jenis ekstrakurikuler yang dapat menurunkan nilai dan prestasimu
Tidak dianjurkan bagi kamu untuk memilih jenis ekstrakurikuler yang menjerumuskan kamu pada akibat nilai pelajaran dan prestasimu menurun. Ada loh beberapa ekstrakurikuler yang bisa membuat nilai pelajaran dan prestasimu menurun karena waktu kamu yang seharusnya digunakan untuk belajar malah kamu gunakan untuk ikut ekstrakurikuler dan bahkan sama sekali gak punya waktu untuk belajar. Apalagi pada saat ekstrakurikulermu diikutsertakan dalam perlombaan, jadwal latihanmu pasti semakin padat dan waktu kamu untuk belajar semakin sedikit. Sebaiknya dihindari deh memilih ekstrakurikuler yang dapat menurunkan nilai pelajaran dan prestasimu. Sayang tahu nilai pelajaran dan prestasimu menjadi menurun hanya gara-gara ekstrakurikuler.

Baca Juga : RPL BK - Layanan Klasikal Materi Perkembangan Remaja Awal

Jangan ikut-ikutan temen
Mengikuti ekstrakurikuler dibutuhkannya sebuah kemampuan yang ada di dalam diri kamu. Dilarang keras memilih ekstrakurikuler hanya karena ikut-ikutan temen. Ekstrakurikuler yang dipilih dan diikutsertakan hanya karena ikut-ikutan temen belum tentu sesuai dengan kemampuan serta hobi, minat, dan bakat yang kamu miliki. Percuma saja ikut esktrakurikuler berdasarkan ikut-ikutan temen, toh hobi, minat, bakat, dan kemampuanmu sama sekali tidak bisa tersalurkan dan tidak bisa berkembang sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan harapkan.

Kalau bingung sebaiknya konsultasi sama orangtua dan guru bimbingan konseling
Kalau kamu bener-bener bingung mau pilih ekstrakurikuler mana yang akan kamu ikuti lebih baik minta saran sama orangtua atau gurumu dengan cara konsultasi dengan mereka. Konsultasi bertujuan untuk mencari jawaban atas kebingungan yang kamu alami dalam memilih ekstrakurikuler yang bisa kamu ikuti. Gak ada salahnya kok kalau kamu konsultasi terlebih dahulu daripada saking bingungnya dan kamu terpaksa buat ngasal pilih ekstrakurikuler.

Download RPL Tips Memilih Ekstrakurikuler di Sekolah 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama