Tahapan Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling - Bimbingan Konseling Indonesia Tahapan Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling

Tahapan Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling

Tahapan Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling
Tahapan Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling.

Pelayanan bimbingan konseling di sekolah merupakan usaha yang dilakukan untuk membantu peserta didik dalam pengembangan kehidupan pribadi, sosial, belajar maupun karir. Pelayanan tersebut memfasilitasi pengembangan peserta didik baik secara pribadi maupun kelompok sesuai dengan kebutuhan potensi minat dan bakat yang mereka miliki. Selain itu, pelayanan ini juga bertujuan untuk mengatasi kelemahan dan hambatan yang dialami oleh peserta didik. Pelayanan atau program bimbingan konseling ini merupakan suatu rancana yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu yang memang sudah disusun secara sistematis, terorganisasi dan terkoordinasi.

Suatu program layanan bimbingan dan konseling tidak akan berjalan efesien jika tidak di sesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, sehingga pastinya diperlukan survei untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didik di sekolah tersebut. Selain itu tentunya ada tahapan lain agar program bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan baik, berikut tahapan yang harus dilakukan oleh guru bk dalam penyusunan program bimbingan dan konseling :

Identifikasi Kebutuhan Program yang Baik
Kebutuhan siswa antara lain (a) kebutuhan akan informasi tentang cara-cara belajar yang baik, (b) kebutuhan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dampaknya, (c) kebuthan akan karir karir tertentu, (d) kebutuhan akan informasi tentang cara cara pengembangan potensi diri,cara cara bergaul, (e) kebutuhan untuk bisa eksis

Penyusunan Rencana Kegiatan
Rencana kegiatan bimbingan disusun atas dasar jenis jenis dan prioritas kebutuhan , baik kebutuhan individu maupun  kebutuhan sekolah dan madrasah secara umum.

Baca Juga : Mengapa Guru Harus Memiliki Kompetensi Sosial? Ini Alasannya

Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan merupakan realisasi rencana program bimbingan yang telah disusun.

Penilaian Kegiatan
Penilaian dilakukan terhadap semua kegiatan, hasil penilaian merupakan gambaran tentang proses selurh dan hasil yang dicapai disertai dengan rekomendasi tentang kegiatan berikutnya (follow up).

Nah, itu dia tadi bagaimana tahapan dalam penyusunan program bimbingan dan konseling, semoga dengan adanya artikel ini maka bisa memudahkan teman - teman semua dalam pembuatan program bimbingan dan konseling.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama