Mengapa Guru Harus Memiliki Kompetensi Sosial? Ini Alasannya - Bimbingan Konseling Indonesia Mengapa Guru Harus Memiliki Kompetensi Sosial? Ini Alasannya

Terbaru :

6/recent/ticker-posts

Mengapa Guru Harus Memiliki Kompetensi Sosial? Ini Alasannya

Kompetensi Sosial Guru
Guru Harus Memiliki Kompetensi Sosial Yang Baik.

Mengapa guru harus memiliki kompetensi sosial? Ada gak sih pengaruh kompetensi sosial guru dengan proses KBM dan Prestasi peserta didik? Bagaimana penerapannya?

Seorang guru dituntut untuk memiliki kualifikasi tertentu yang disebut juga kompetensi.  Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah kompetensi sosial. Kompetensi sosial guru adalah kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Tujuannya tentu saja untuk dapat memperoleh hasil yang baik dalam suatu rangkaian kegiatan pendidikan dan pembelajaran.

Sub Kompetensi Sosial

  • Memahami dan Menghargai Perbedaan
  • Melaksanakan Kerjasama Secara Harmonis
  • Membangun kerja team (team work) yang kompak dan cerdas
  • Melaksanakan komunikasi secara efektif dan menyenangkan

Contoh Penerapan Kompetensi Sosial Guru

  • Peserta Didik Sulit Memahami Pelajaran. Peka terhadap kesulitan yang dialami peserta didik dan menemukan solusnya.
  • Bekerjasama Dengan Guru Lain Dalam Kegiatan Sekolah. Turut serta dan bekerjasama dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah.
  • Menjalin Hubungan Yang Baik Dengan Orang Tua/Wali. Melaporkan perkembangan peserta didik kepada orang tua/wali

Apabila guru dapat menerapkan kompetensi sosialnya dengan baik, maka tentu saja akan berpengaruh terhadap proses KBM dan prestasi peserta didik.

Baca Juga : Asumsi Penting Dalam Pelaksanaan Konseling

Kesimpulan
“Relasi yang sehat antara Guru, Orang Tua/Wali dan Peserta Didik tentunya sangat berpengaruh positif terhadap keberhasilan pembelajaran. Yang paling penting adalah semua memiliki kesadaran tentang pentingnya relasi yang baik”


Reactions

Posting Komentar

0 Komentar