Peran Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Penentuan Karir Siswa - Bimbingan Konseling Indonesia Peran Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Penentuan Karir Siswa

Peran Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Penentuan Karir Siswa

Peran Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Penentuan Karir Siswa
Peran Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Penentuan Karir Siswa

Guru Bimbingan Konseling (BK) bukan hanya menangani siswa yang bermasalah, namun juga bisa mengarahkan bakat dan minat siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi (karir). Selain bisa menginformasikan mengenai masuk ke perguruan tinggi, siswa pun dapat berkonsultasi mengenai bakat minatnya. Terkadang tidak semua siswa bisa berkonsultasi, akan tetapi jika sering berkonsultasi pada BK di sekolah, maka siswa bisa mendapatkan solusi saat kesulitan memilih jurusan yang sesuai.

Guru BK sudah mengkondisikan siswa dengan berbagai perguruan tinggi dan sudah disosialisasikan berkaitan dengan minat dan bakat siswa saat pembelajaran BK di kelas. Guru BK akan mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing. Kemudian, siswa bisa memilih perguruan tinggi yang sesuai minatnya.

BK hanya mengarahkan, nanti semua diserahkan kembali pada siswa.

Untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, terkadang siswa banyak mencari sendiri informasi perguruan tinggi di sosial media. Meskipun siswa bisa mencari sendiri, akan tetapi pengarahan dari guru BK selalu ada, seperti mengarahkan untuk masuk melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).


Melalui arahan guru BK, siswa bisa mengetahui informasi memasuki perguruan tinggi dan mempersiapkan diri masing-masing, pemilihan jurusan juga berdasarkan minat dan bakat siswa. Secara biasa siswa mengikuti bimbingan di kelas. Selain ada informasi dari guru BK, juga siswa bisa meminta pendapat guru BK untuk masuk ke perguruan tinggi. Bahkan siswa juga bisa datang langsung ke ruang guru BK untuk berkonsultasi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama