Mengapa Asas Kerahasiaan Dalam Bimbingan Konseling Itu Penting? - Bimbingan Konseling Indonesia Mengapa Asas Kerahasiaan Dalam Bimbingan Konseling Itu Penting?

Terbaru :

6/recent/ticker-posts

Mengapa Asas Kerahasiaan Dalam Bimbingan Konseling Itu Penting?

Mengapa Asas Kerahasiaan Dalam Bimbingan Konseling Itu Penting?
 Mengapa Asas Kerahasiaan Dalam Bimbingan Konseling Itu Penting?

Asas Dalam Bimbingan Konseling

Teman-teman ingat gak kalau sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang asas-asas dalam bimbingan konseling? Buat yang belum baca, silahkan baca dulu ya. Kali ini kita akan membahas salah satu diantara asas tersebut, yaitu asas kerahasiaan.

Pengertian Asas Kerahasiaan

Asas kerahasiaan adalah asas dalam bimbingan dan konseling yang menuntut dirahasiakannya segenap data dan keterangan tentang peserta didik (konseli) yang menjadi sasaran layanan, yaitu data atau keterangan yang tidak boleh dan tidak layak diketahui oleh orang lain. Dalam hal ini guru pembimbing berkewajiban penuh memelihara dan menjaga semua data dan keterangan itu sehingga kerahasiaannya benar-benar terjamin.

Contoh Asas Kerahasiaan

Ada peserta didik (konseli) yang mengalami permasalahan keluarga, dimana ia seringkali dimarahi oleh orang tuanya tanpa sebab bahkan terkadang peserta didik menerima kekerasan fisik dari orang tuanya. Sebagai Guru BK, kita tidak boleh menceritakan keadaan peserta didik ke orang lain tanpa izin.

Baca Juga: Pengertian Bimbingan Konseling Secara Umum & Menurut Ahli

Ada seorang konseli yang menceritakan kepada konselor bahwa seorang konseli itu memiliki penyakit HIV yang dididapnya sejak lama.maka seorang konselor harus bias menjaga kerahasiaan tersebut agar penyakit konseli itu tidak diketahui oleh banyak orang.

Mengapa Asas Kerahasiaan Itu Penting?

Merahasiakan apasaja yang diceritakan oleh peserta didik (konseli) merupakan wajib hukumnya bagi Guru BK. Sebab dengan merahasiakan hal tersebut, secara tidak langsung kita membangun kepercayaan peserta didik dan membuat ia nyaman untuk bercerita lebih dalam. Peserta didik juga menjadi tidak takut untuk bercerita kepada Guru BK. Hal ini tentu saja sangat membantu dalam proses konseling, dimana kita sangat membutuhkan informasi yang detail.

Nah, itu dia alasan mengapa asas kerahasiaan wajib kita ketahui dan laksanakan. Untuk selanjuntya, kita akan membahas tentang mengapa asas keterbukaan itu penting. Jadi tetap stay tuned ya, sering-sering kunjungi website Bimbingan Konseling Indonesia ini. Terimakasih

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar