Pengertian Bimbingan Konseling Secara Umum & Menurut Ahli - Bimbingan Konseling Indonesia Pengertian Bimbingan Konseling Secara Umum & Menurut Ahli

Pengertian Bimbingan Konseling Secara Umum & Menurut Ahli

Pengertian Bimbingan Konseling Secara Umum & Menurut Ahli
Pengertian Bimbingan Konseling Secara Umum & Menurut Ahli

Sebelum dijelaskannya tentang pengertian bimbingan konseling menurut para ahli, ada baiknya kita membahas pengantarnya dulu. Bimbingan Konseling atau yang pada saat ini dikenal dengan singkatan BK adalah salah satu disiplin ilmu yang harus kita ketahui. Alasannya, memahami tentang apa itu bimbingan konseling secara tidak langsung seseorang dapat membantu orang lain untuk ikut andil menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh orang lain tersebut.


Bahkan untuk disetiap lembaga pendidikan seperti sekolah, pada saat ini diharuskan untuk memiliki minimal satu guru bimbingan konseling, baik itu jenjang SD, SMP maupun SMA.

Selanjutnya adalah pengertian bimbingan dan konseling secara umum.

Bimbingan dapat diartikan sebagai upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk membantu atau membimbing orang lain, baik membantu dalam segi finansial, tenaga, fikiran, atau yang lainnya. Agar orang yang membutuhkan bantuan tersebut bisa lebih baik kondisinya dibandingkan dengan saat ini.

Sedangkan Konseling secara sederhana dapat diberi pengertian sebagai hubungan antra konselor dan konseli (klien) yang mana tugas konselor adalah memberikan solusi yang sesuai dengan keilmuannya atas permasalahan yang dialami oleh klien, dan klien dapat mengambil keputusan yang terbaik setelah berdialog dengan konselor.


Setelah memahami pengertian bimbingan dan konseling, tulisan ini selanjutnya akan mencoba memberikan pengertian bimbingan konseling yang sesuai dengan dua pengertian sebelumnya, yaitu sebagai berikut :

Bimbingan Konseling adalah pelayanan atau bantuan yang sesuai dengan norma-norma untuk ditunjukan kepada peserta didik, baik secara perorangan (individu) maupun kelompok agar peserta didik mampu mandiri dan berkembang secara optimal.

Untuk melengkapi pengertian Bimbingan Konseling yang sudah di paparkan tersebut, tulisan ini selanjutnya akan mencoba untuk menjabarkan pengertian bimbingan konseling menurut para ahli. Agar para pembaca dapat lebih mudah memahami apa yang dimaksud dengan bimbingan konseling.

Prayitno (2003)
Memberikan pengertian bimbingan konseling sebagai suatu bentuk pelayanan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok agar peserta didik mandiri dan berkembang secara baik.


Jainab Aqib (2010)
Memberikan pengertian bimbingan konseling sebagai bentuk kegiatan yang integral, dimana bimbingan dan konseling tak terpisahkan dengan layanan bimbingan yang lain.

Nur Faudjia (2011)
Memberikan pengertian bimbingan konseling sebagai proses pemberian bantuan konselor yang dilakukan melalui wawancara untuk kemudian peserta didik mampu merencanakan masa depan yang lebih baik.

Kemendikbud
Memberikan pengertian bahwa bimbingan konseling adalah bentuk pelayanan bantuan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik, sehingga peserta didik dapat hidup mandiri dan juga berkembang. Baik bimbingan tersebut dalam bentuk bimbingan pribadi, bimbingan belajar, bimbingan sosial, ataupun  bimbingan karier.


Dari empat pengertian bimbingan konseling menurut para ahli di atas dapat simpulkan bahwa Bimbingan Konseling adalah pelayanan bantuan tenaga pendidik baik bantuan orientasi, informasi, maupun bimbingan kelompok, sehingga peserta didik dapat memahami dengan jelas tujuan suatu pembelajaran.
Lebih baru Lebih lama