Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dengan Mudah - Bimbingan Konseling Indonesia Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dengan Mudah

Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dengan Mudah

Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dengan Mudah

Mungkin bagi beberapa orang meningkatkan rasa percaya diri sangatlah sulit. Sering kali orang seperti ini merasa grogi apabila berbicara dengan orang lain, berbicara di depan kelas dan lain sebagainya. Hal ini merupakan hal wajar dan pastinya semua orang pernah melalui tahap ini, bener gak? Tetapi sudah seharusnya kita harus lebih percaya diri dan tidak lagi grogi dalam melakukan aktifitas. Berikut tips meningkatkan rasa percaya diri dengan mudah :

Berdiri tegak, Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah merubah penampilan, berdirilah yang tegak, busungkan dada dan coba tampillah sempurna. Penampilan seseorang akan menentukan penilaian orang lain.

Bersikap asertif, Mulai sekarang cobalah merubah sikap, jadilah orang yang tahu kapan harus berkata tidak dan kapan berkata ya. Coba sekali-kali untuk tidak terlalu membayangkan orang lain akan berkomentar apa tentang diri kita. Dan jangan takut bikin perubahan.

Objektif menilai diri sendiri. No body's perfect, tidak ada orang lain di dunia ini yang sempurna, dan tidak ada juga orang di dunia ini yang tidak berguna. Karenanya jujurlah menilai diri sendiri, jangan selalu menganggap diri kita tidak mampu dan orang lain selalu lebih unggul. Semuanya sama meski punya keahlian yang berbeda, jadi buat apa minder?

Baca Juga : Pengertian Bimbingan Konseling Menurut Para Ahli


Buang rasa takut. Biasanya orang yang tidak percaya diri selalu kesulitan untuk mengungkapkan siapa dirinya pada orang lain. Cara mudah untuk berani menghadapi oarang lain adalah menatap mata lawan bicara kita, tapi jangan memandanginya. Menatap lain dengan memandang, kalau memandang biasanya kita memperhatikan lawan bicara, bagaimana cara bicaranya, bagaimana mimik wajahnya. Boleh saja seperti itu asal jangan berlebihan.

Sedikit berbasa basi. Cobalah untuk bersikap basa basi, tetapi jangan berlebihan karena akan membosankan. Tidak semuanya basa-basi itu jelek, untuk meningkatkan rasa percaya diri kita bisa mencobanya.

Bicaralah yang lugas. salah satu ciri orang yang kurang percaya diri adalah tidak bicara secara lugas, gugup dan berbelit-belit.

Lebih baru Lebih lama