Materi Yang Dipelajari di Jurusan Bimbingan Konseling - Bimbingan Konseling Indonesia Materi Yang Dipelajari di Jurusan Bimbingan Konseling

Materi Yang Dipelajari di Jurusan Bimbingan Konseling

Materi Yang Dipelajari di Jurusan Bimbingan Konseling

Materi Yang Dipelajari di Jurusan Bimbingan Konseling

Bagi teman-teman yang memilih jurusan bimbingan konseling sebagai tempat berlabuh di jenjang kuliah, maka artikel ini adalah artikel yang wajib kalian baca  karena kita akan membahas materi atau mata kuliah apa saja yang akan dipelajari di jurusan bimbingan dan konseling. Dengan mengetahui materi yang dipelajari sejak awal, diharapkan teman-teman-teman bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.

Secara umum jurusan bimbingan dan konseling di pergurugan tinggi Indonesia akan mempelajari beberapa hal, diantaranya : ilmu pendidikan, psikologi, teori dan teknik konseling.

Ilmu pendidikan dipelajari sebagai landasan dalam bimbingan konseling yang memang menfokuskan diri dalam dunia pendidikan. Pada umumnya, mata kuliah ilmu pendidikan diajarkan pada semester satu dan semester dua. Mata kuliah yang termasuk kedalam ilmu pendidikan adalah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila/Kewarganegaraan, Sosiologi Antropologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Perkembangan Peserta Didik, Ilmu Alamiah Dasar, Belajar Pembelajaran.

Ilmu psikologi merupakan induk dari ilmu konseling, sehingga tidak mungkin memisahkan konseling dengan psikologi. Konseling merupakan psikologi terapan (terapan dari ilmu psikologi). Mata Kuliah Psikologi meliputi Psikologi/Teori-Teori Kepribadian, Psikologi Perkembangan/Perkembangan Individu, Filsafat, Psikologi Perilaku/Modifikasi Tingkah Laku/Dasar-Dasar Pemahaman Tingkah Laku, Psikologi Komunikasi/Komunikasi Antar Pribadi, Kesehatan Mental.

Baca Juga: Begini Rasanya Kuliah di Jurusan Bimbingan Konseling

Ilmu konseling meliputi teori-teori dan aliran konseling, praktikum pendekatan konseling, serta teknik-teknik konseling. Mata Kuliah Ilmu Konseling yaitu Teori-Teori Konseling, Bimbingan dan Konseling Kelompok, BK Pribadi-Sosial, Bimbingan dan Konseling Karier, Bimbingan dan Konseling Belajar, Teknologi Informasi dalam BK, Pengembangan Pribadi Konselor, Bimbingan dan Konseling Perkembangan, Profesi Bimbingan dan Konseling, Dinamika Kelompok, Media Bimbingan dan Konseling, Studi Kasus, Bimbingan dan Konseling Keluarga, Konseling Lintas Budaya.

Selain itu juga terdapat mata kuliah Praktikum Bimbingan Konseling, di mata kuliah ini mahasiswa belajar dan latihan praktek memberikan konseling kepada klien. Mata kuliah yang termasuk praktikum ini yaitu: Mikro Konseling, Praktikum Konseling Individual, Praktikum BK Kelompok, Praktikum BK Pribadi-Sosial, Praktikum BK Belajar, Praktikum BK Karier, Praktikum Teknik Testing, dan Praktikum Non Testing serta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).

Nah biasanya juga setiap perguruan tinggi menambahkan mata kuliah khas yang tidak dimiliki perguruan tinggi lain, misalnya cyber counseling atau konseling jarak jauh.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama