Pentingkah Sebuah Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi? - Bimbingan Konseling Indonesia Pentingkah Sebuah Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi?

Terbaru :

6/recent/ticker-posts

Pentingkah Sebuah Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi?

Pentingkah Sebuah Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi?
Pentingya Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi

Apa itu Akreditasi ?

Sebelum membahas tentang seberapa penting suatu akreditasi, marilah kita mengenal tentang pengertian dari akreditasi itu sendiri. Akreditasi merupakan suatu pengakuan formal tentang kompetensi suatu lembaga atau organisasi yang diberikan oleh badan akreditasi. Jika Akreditasi ini diterapkan di kampus atau jurusan, maka dapat disimpulkan bahwa akreditasi adalah nilai kampus atau jurusan yang dimaksud  yang dilihat dalam beberapa kriteria mutu.

Badan resmi yang bertugas dalam memberikan akreditasi kepada kampus atau sekolah yang ada di Indonesia adalah BAN - PT. Setiap akreditasi biasanya berlaku dan diperbaharui setiap 5 tahun sekali oleh perguruan tinggi maupun sekolah-sekolah di Indonesia. Akredtasi suatu perguruan tinggi dapat di cek melalui website resmi BAN - PT.

Baca Juga: Kedudukan Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Landasan dari akreditasi untuk perguruan tinggi atau institusi pendidiakan adalah UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 60 dan 61), UU RI Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen (Pasal 47), Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Pasal 86, 87, dan 88), serta  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 28 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Pentingkah Sebuah Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi?

Lalu Pertanyaannya Seberapa Pentingkah Akreditasi Itu? 

Jawabanya yang jelas sangat penting karena jika  kampus tempat kamu berkuliah belum terakreditasi, maka  ijazah yang kamu dapatkan ilegal atau tidak diakui dalam melamar kerja atau melanjutkan suatu studi. Akreditasi bagi perguruan tinggi negeri (PTN) dan maupun perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi penentuan standar dari mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan oleh pihak di luar lembaga independen. Akreditasi juga menjadi upaya pemerintah untuk menstandarisasi, serta  menjamin mutu dari perguruan tinggi. 

Selain itu juga dengan adanya akreditasi, pemerintah akan mendapatkan informasi mengenai perguruan tinggi untuk menentukan besaran beasiswa atau dana hibah yang akan diberikan untuk mahasiswa dan perguruan tinggi tersebut. Penjaminan mutu perguruan tinggi ini berdampak pada kualitas lulusan dari berbagai  perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan kerja di Indonesia. 

Baca Juga: Pengertian Bimbingan Konseling Secara Umum & Menurut Ahli

Dengan akreditasi, suatu perguruan tinggi juga akan mendapatkan keuntungan melalui kemitraan dengan perguruan tinggi lain di dalam maupun di luar negeri. Lebih jelasnya berikut inii adalah beberapa tujuan dan manfaat dengan adanya akreditasi perguruan tinggi :

  1. Memberikan jaminan bahwa institusi atau perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan BAN – PT.
  2. Mendorong perguruan tinggi untuk terus-menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu pendidikan.
  3. Hasil akreditasi dapat dijadikan sebagai dasar untuk pertimbangan dalam memberikan kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan alokasi dana, dan pengakuan dari instansi atau badan lain.

Akreditasi sangat penting dan menentukan apakah suatu perguruan tinggi dan jurusan di dalamnya bagus atau tidak, dengan matriks penilaian dari A (yang paling bagus), B (Bagus), dan C (Cukup). Untuk akreditasi di bawah C, maka perguruan tinggi atau jurusan yang dimaksud tidak atau  belum terakreditasi oleh BAN-PT. Matriks penilaian untuk akreditasi A adalah 361 – 400, akreditasi B adalah 301 – 360, dan akreditasi C adalah 201 – 300. 

Penilain tersebut didapatkan dari berbagai poin berikut ini :

  1. Kurikulum dari setiap program pendidikan
  2. Sarana dan prasarana pendidikan
  3. Jumlah dosen atau tenaga pendidik
  4. Keadaan mahasiswa 
  5. Koordinasi pelaksanaan pendidikan
  6. Kesiapan administrasi akademik, keuangan,  kepegawaian, dan rumah tangga darperguruan tinggi.

Nah itu di atas adalah pembahasan mengenai seberapa pentingkah suatu akreditasi ? jawabannya tentu sangat penting, karena akreditasi dijadikan sebagai standar mutu pendidikan di perguruan tinggi tertentu, yang juga memberikan informasi mengenai kesiapan suatu perguruan tinggi dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar yang telah  disesuaikan dengan standar tertentu  dari  pemerintah. Hal ini berhubungan dengan globalisasi pendidikan dan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan permintaan lapangan serta memlki daya saing global. 

Baca Juga: Perlukah Guru BK Masuk Di Jenjang Sekolah Dasar?

Terima kasih sudah membaca "Seberapa Penting Akreditasi Itu ?", kalau sobat merasa artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan ke teman-teman. 

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar